Semua

SMA Muhammadiyah 1 Jakarta mengikuti Olympicad VII di Bandung

BANDUNG— Ribuan pelajar dari seluruh Indonesia bersatu di Bandung untuk mengikuti Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) VII tahun 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 6 hingga 8 Maret 2024.

Dengan tema “Membangun Kreativitas, Menumbuhkan Prestasi, Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan Menuju Indonesia Emas 2045,” olimpiade ini menampilkan berbagai lomba di beberapa lokasi, seperti Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Aisyiyah Bandung, Aisyiyah Boarding School Ballendah, dan Kompleks Perguruan Muhammadiyah Antapani.
 

Perlombaan mencakup beragam bidang dan tingkatan pendidikan. Tingkat Guru dan Kepala Sekolah menampilkan lomba praktis penyelenggaraan pendidikan inklusi, pengelolaan sekolah terbaik, dan inovasi pembelajaran. Pada tingkat SMA, lomba E-sport, astronomi, kaligrafi, musik akustik, dan lainnya menghadirkan tantangan. Tingkat SMP menampilkan lomba robotika, majalah sekolah, kaligrafi, musikalisasi puisi, dan sejenisnya. Sementara pada tingkat SD, peserta bersaing dalam lomba matematika, IPA, tilawatil quran, dan lain-lain.

Melalui berbagai cabang lomba ini, Olympicad bertujuan untuk menguji kemampuan, gagasan, dan keterampilan peserta dalam memecahkan masalah, serta membangun jaringan dalam bidang pendidikan. Setiap cabang lomba diharapkan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan bakat dan minat peserta. Selain itu, ajang ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri siswa dan guru melalui kompetisi sportif yang sehat. Olympicad diharapkan memberikan efek positif dalam membina kemampuan, keterampilan, dan kreativitas peserta.

Rangkaian pembukaan Olympicad diadakan dengan meriah di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (6/3). Peserta, didampingi oleh pembimbing dan tamu undangan, memadati gedung tersebut dalam antusiasme yang luar biasa. Pada saat yang bersamaan, Hanin Dhiya jebolan Rising Star Indonesia turut serta mengguncangkan momen pembukaan kegiatan akbar tempo dua tahunan tersebut.

Perhelatan akbar yang dinisiasi oleh Muhammadiyah ini dibuka langsung oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

 

Related Articles

Check Also
Close